Blogger templates

Blogger news

Blogroll

Jumat, 07 Desember 2012

0 Local Area Network


  "LAN"
Jaringan komputer jenis dengan lingkup geografis
Dekat lapangan (NFC)
Tubuh (BAN)
Personal (PAN)
Dekat-me (NAN)
Lokal (LAN)
Rumah (HAN)
Storage (SAN)
Kampus (CAN)
Tulang punggung
Metropolitan (MAN)
Luas (WAN)
Internet
Interplanetary Internet
v t e
Sebuah jaringan area lokal (LAN) adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer di daerah terbatas seperti sekolah, rumah, laboratorium komputer, atau gedung perkantoran menggunakan media jaringan. mendefinisikan karakteristik LAN, berbeda dengan wide area network (WAN), termasuk mereka yang biasanya lebih tinggi kecepatan transfer data, wilayah geografis yang lebih kecil, dan kurangnya kebutuhan telekomunikasi leased baris.
ARCNET, Token Ring dan standar teknologi lainnya telah digunakan di masa lalu, tetapi Ethernet lebih dari kabel twisted pair, dan Wi-Fi adalah dua teknologi yang paling umum saat ini digunakan untuk membangun LAN.

Sebuah diagram konseptual jaringan area lokal menggunakan Ethernet 10BASE5
Meningkatnya permintaan dan penggunaan komputer di universitas-universitas dan laboratorium penelitian di akhir 1960-an yang dihasilkan kebutuhan untuk menyediakan kecepatan tinggi interkoneksi antar sistem komputer. Sebuah laporan tahun 1970 dari Laboratorium Radiasi Lawrence rincian pertumbuhan jaringan mereka "Octopus" memberikan indikasi yang baik dari situasi.
Cambridge Ring dikembangkan di Cambridge University pada tahun 1974 tetapi tidak pernah dikembangkan menjadi produk komersial yang sukses.
Ethernet dikembangkan di Xerox PARC dalam 1973-1975, dan diajukan sebagai US Patent 4.063.220. Pada tahun 1976, setelah sistem ini dikerahkan di PARC, Metcalfe dan Boggs menerbitkan kertas mani, "Ethernet:. Distributed Packet-Switching Untuk Jaringan Komputer Lokal"
ARCNET dikembangkan oleh Datapoint Corporation pada tahun 1976 dan diumumkan pada tahun 1977.  itu instalasi komersial pertama pada Desember 1977 di Chase Manhattan Bank di New York.

Standar evolusi
Pengembangan dan proliferasi komputer pribadi menggunakan sistem operasi CP / M di akhir 1970-an, dan kemudian DOS berbasis sistem mulai tahun 1981, berarti bahwa banyak situs tumbuh menjadi puluhan atau bahkan ratusan komputer. Kekuatan pendorong awal untuk jaringan pada umumnya adalah untuk berbagi storage dan printer, yang sama-sama mahal pada saat itu. Ada banyak antusiasme untuk konsep dan selama beberapa tahun, dari sekitar 1983 dan seterusnya, pakar industri komputer akan secara teratur menyatakan tahun yang akan datang menjadi "tahun LAN".
Dalam prakteknya, konsep ini dirusak oleh proliferasi lapisan fisik tidak kompatibel dan implementasi protokol jaringan, dan sejumlah besar metode berbagi sumber daya. Biasanya, setiap vendor akan memiliki sendiri jenis kartu jaringan, kabel, protokol, dan sistem operasi jaringan. Solusi muncul dengan datangnya Novell NetWare yang menyediakan dukungan bahkan-tangan untuk puluhan kartu bersaing / kabel jenis, dan sistem operasi yang jauh lebih canggih daripada kebanyakan pesaingnya. Netware didominasi bisnis komputer pribadi LAN dari awal setelah diperkenalkan pada tahun 1983 sampai pertengahan tahun 1990 ketika Microsoft memperkenalkan Windows NT Advanced Server dan Windows for Workgroups.
Dari sekian banyak pesaing Netware, hanya Banyan Vines memiliki kekuatan teknis yang sebanding, namun Banyan belum pernah mendapatkan dasar yang aman. Microsoft dan 3Com bekerja sama untuk menciptakan sebuah sistem operasi jaringan sederhana yang membentuk dasar dari 3 Share + 3Com, Microsoft LAN Manager dan IBM LAN Server - namun tidak satupun dari ini adalah sangat sukses.
Selama periode yang sama, komputer workstation Unix dari vendor seperti Sun Microsystems, Hewlett-Packard, Silicon Graphics, Intergraph, NeXT dan Apollo menggunakan TCP / IP berbasis jaringan. Meskipun segmen pasar ini sekarang lebih menurun, teknologi yang dikembangkan di daerah ini terus menjadi berpengaruh di Internet dan di kedua Linux dan Apple Mac OS X networking-dan protokol TCP / IP kini hampir sepenuhnya diganti IPX, AppleTalk, NBF, dan protokol lain yang digunakan oleh PC LAN awal.

Kabel

Awal LAN kabel selalu didasarkan pada berbagai kelas kabel koaksial. Twisted pair terlindung namun digunakan dalam pelaksanaan Token Ring IBM, dan pada tahun 1984 StarLAN menunjukkan potensi twisted pair sederhana pair dengan menggunakan Cat3-kabel sederhana yang sama digunakan untuk sistem telepon. Hal ini menyebabkan perkembangan 10Base-T (dan penerusnya) dan pengkabelan terstruktur yang masih dasar dari LAN yang paling komersial saat ini. Selain itu, serat optik kabel semakin digunakan dalam aplikasi komersial.
Karena kabel ini tidak selalu mungkin, nirkabel Wi-Fi sekarang sangat umum di tempat hunian - dan tempat lain di mana dukungan untuk laptop mobile dan smartphone adalah penting.

Aspek Teknis

Topologi jaringan menggambarkan pola tata letak interkoneksi antara perangkat dan segmen jaringan. Switched Ethernet telah selama beberapa waktu data yang paling umum Link Layer dan implementasi Layer Fisik untuk jaringan area lokal. Pada lapisan yang lebih tinggi, Internet Protocol (TCP / IP) telah menjadi standar. LAN kecil umumnya terdiri dari satu atau lebih switch dihubungkan satu sama lain, sering setidaknya satu terhubung ke modem router, modem kabel, atau ADSL untuk akses internet.
LAN yang lebih besar ditandai oleh penggunaan berlebihan switch hubungan dengan menggunakan protokol spanning tree untuk mencegah loop, kemampuan mereka untuk mengelola berbeda jenis lalu lintas melalui kualitas layanan (QoS), dan untuk memisahkan lalu lintas dengan VLAN. LAN yang lebih besar juga mengandung berbagai macam perangkat jaringan seperti switch, firewall, router, beban balancers, dan sensor .

LAN mungkin memiliki hubungan dengan LAN lain melalui leased line, layanan sewa, atau dengan tunneling di Internet menggunakan teknologi jaringan virtual pribadi. Tergantung pada bagaimana koneksi dibuat dan diamankan di sebuah LAN, dan jarak yang terlibat, LAN juga dapat diklasifikasikan sebagai jaringan area metropolitan (MAN) atau wide area network (WAN).

Ditulis Oleh : Alfian Erprabowo --- KADEXANA™

Artikel Local Area Network Diposting oleh Alfian Erprabowo. Terimakasih telah membaca artikel ini. Kalau mau copas sertakan sumber. Bali Cheater™

.: Bali Cheater™ :.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Gunakankanlah Mozila Firefox dan Google Chrome versi terbaru